Rapat Koordinasi Implementasi Kurikulum 2013

Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam rangka implementasi kurikulum 2013 sampai pada tahun pelajaran 2019-2020 diharapkan semua sekolah telah melaksanakan Kurikulum 2013. Untuk mencapai hal tersebut secara bertahap pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merancang program untuk meningkatkan kompetensi Guru, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Tenaga Kependidikan lainnya pada Satuan Pendidikan SD, SMP, SMA dan SMK.

Program peningkatan kompetensi tersebut dilaksanakan dalam bentuk penyiapan Buku Guru dan Buku Siswa serta Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 yang dilakukan dalam bentuk Training of Trainer (ToT) Pendampingan Kurikulum 2013 tingkat Nasional,tingkat Provinsi, dan tingkat Kabupaten/Kota. Program tersebut memerlukan diskusi yang lebih intensif dan detil dalam pelaksanaannya.

Agar pelaksanaan penerapan Kurikulum 2013 pada setiap Satuan Pendidikan dapat berhasil sesuai dengan tujuan maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui LPMP Jawa Timur mengawali program penerapan Kurikulum 2013 tersebut dengan kegiatanRapat Koordinasi Implementasi Kurikulum 2013 pada Seluruh Jenjang Pendidikan. Melalui kegiatan ini, seluruh peserta melakukan koordinasi membangun komitmen bersama untuk melaksanakan implementasi kurikulum 2013 di tahun 2018.

Kegiatan Rapat Koordinasi Implementasi Kurikulum 2013 untuk Seluruh Jenjang Pendidikan dilaksanakan tanggal 6 s.d. 8 Maret 2018 bertempat di Hotel Utami Sidoarjo, Jalan Raya Juanda No. 36, Kabupaten Sidoarjo. Peserta kegiatan Rapat Koordinasi Implementasi Kurikulum 2013 untuk Seluruh Jenjang Pendidikan Provinsi Jawa Timur Tahun 2018 ini meliputi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, Pejabat yang menangani kurukulum di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, Pejabat Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi di masing-masing wilayah se-Jawa Timur, P4TK Bidang Otomotif dan Elektronika Malang, dan LPMP Jawa Timur.

Tujuan Rapat Koordinasi Implementasi Kurikulum 2013 untuk seluruh Jenjang Pendidikan adalah:

  1. Menyamakan pemahaman tentang kebijakan dan informasi terbaru dari pusat (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI) terkait implementasi Kurikulum 2013 pada tahun 2018;
  2. Membangun sinergi antar instansi/lembaga negara di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota dalam melaksanakan implementasi Kurikulum 2013; dan
  3. Menyusun strategi terbaik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 yang didasarkan pada hasil evaluasi pelaksanaan implementasi Kurikulum 2013 pada tahun-tahun sebelumnya, dengan memperhatikan kondisi geografis dan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) di provinsi Jawa Timur.

Adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah:

  1. Seluruh peserta memiliki persepsi/pemahaman yang sama terhadap kebijakan dan informasi dari pusat (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI) terkait implementasi Kurikulum 2013 pada tahun 2018;
  2. Terbangunnya skema kerjasama/sinergi antar instansi/lembaga negara di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota dalam melaksanakan implementasi Kurikulum 2013; dan
  3. Tersusunnya strategi terbaik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 yang didasarkan pada hasil evaluasi pelaksanaan implementasi Kurikulum 2013 pada tahun-tahun sebelumnya, dengan memperhatikan kondisi geografis dan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) di provinsi Jawa Timur.