Pengukuhan Pengurus Dharma Wanita Persatuan LPMP Jawa Timur

img_5242 Sejarah baru tercipta bagi Dharma Wanita Persatuan LPMP Jawa Timur. Pada Tanggal 19 Februari 2018 agenda Pengukuhan Pengurus Dharma Wanita Persatuan LPMP Jawa Timur Periode Th. 2014 s.d 2019 Telah berlangsung dengan lancar. Acara yang juga dihadiri dan disaksikan oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Dirjen Dikdasmen, Ibu Hj. Ida Raudah Hamid serta Ketua Dharma Wanita LPMP Se-Indonesia ini berlangsung meriah karena juga berbarengan dengan kegiatan Jambore Pandu Sekolah Model yang juga dilaksanakan di Kantor LPMP Jawa Timur.

 

Perlu diketahui sebelumnya bahwa sejarah perjalanan Dharma Wanita Persatuan LPMP Jatim penuh liku dan tantangan karena beberapa tahun terakhir ini DWP LPMP Jawa Timur berada pada kondisi mati suri disebabkan tenggelam akan banyaknya beban tugas pekerjaan yang dialami oleh pengurus dan anggota DWP secara pribadi.

dsc_0018

 

Tetapi dengan mengucap syukur Alhamdulillah karena sejak tahun 2016 organisasi DWP LPMP bisa sedikit demi sedikit bangkit lagi sebagai wadah kegiatan para karyawati dan istri pegawai demi kemajuan pemberdayaan perempuan, khususnya untuk selalu berusaha memberikan kontribusi positif demi kesejahteraan anggota yang tak lepas dari motivasi dan bimbingan Ibu Ketua Dharma Wanita Persatuan Dirjen Dikdasmen, Ibu Hj. Ida Raudah Hamid.

 

Meskipun masih seumur jagung, DWP LPMP Jawa Timur telah mampu menyusun serta melaksanakan program – program yang terbilang cukup sukses dan bermanfaat bagi seluruh anggota DWP, antara lain :

 

  1. Sosialisasi Program kerja bagi seluruh anggota dharma wanita;

  2. Gebyar Peringatan Hari Pendidikan Nasional dengan mengadakan bazar dan jalan sehat;

  3. Pembagian Zakat pada Perayaan Hari Idhul Adha kepada pondok yatim piatu dan fakir miskin di lingkungan sekitar;

  4. Peningkatan ketrampilan pengurus dan anggota, antara lain pembuatan tas n dompet hasil kerajinan tangan para anggota yang bernilai ekonomis;

  5. Berdirinya kantin “Sehat” Dharma Wanita yang merupakan unit produksi DWP LPMP Jawa Timur

  6. Terbentuknya tim paduan suara yang merupakan gabungan antara pengurus dan anggota yang pada kesempatan ini akan segera memberikan penampilan terbaiknya.

 

 

 

Selanjutnya untuk Agenda kerja tahun 2018yang tahun ini dicanangkan akan lebih berfokus pada peningkatan kualitas hidup perempuan baik secara ekonomi, kesehatan dan mental. Beberapa diantara kegiatan yang akan rencananya akan dilaksanan pada tahun ini adalah :

 

  1. Pemeriksaan kesehatan reproduksi gratis;

  2. Seminar Parenting Class dalam mendidik anak di era digital;

  3. Sosialiasi pentingnya Asuransi terencana demi keberlangsungan pendidikan putra – putri;

  4. Tabungan Persiunan;

  5. Seminar pemberdayaan perempuan dengan tema ”Perempuan Sehat Pelaku Ekonomi Andal”

  6. Seminar kesehatan “Mengenali Bahaya Kanker Bagi Perempuan”;

  7. Pemberian santunan kepada anak yatim anggota DWP LPMP Jawa Timur.

  8. Dan lain sebagainya.

 

 

 dsc_0136

Mengingat pentingnya peran strategis perempuan dalam aspek pembangunan semakin meningkat, perempuan bisa mengaktualisasikan dirinya dalam banyak hal sesuai dengan program prioritas yang kita tetapkan dalam 3 (tiga) hal, yaitu Pendidikan, Ekonomi, dan Kesehatan. Untuk itu, program peningkatan kualitas dan pengembangan wawasan untuk Pengurus dan Anggota Dharma Wanita Persatuan akan lebih diperluas lagi. Dengan program prioritas di atas, DWP di semua bidang kepengurusan bisa ikut aktif dan berperan nyata sebagai motivator lapangan dan teladan dalam mensukseskan program kerja yang sedang berjalan.